Ada banyak item yang Anda gunakan untuk membangun aplikasi Android baik. Terlepas dari coding untuk aplikasi, Anda mengurus berbagai resourceslike lainnya konten statis yang menggunakan kode Anda, seperti bitmap, warna, tata letak definisi, string antarmuka pengguna, instruksi animasi, dan banyak lagi. Sumber daya ini selalu dipertahankan secara terpisah di berbagai sub-direktori underres / direktori proyek.
Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana Anda dapat mengatur sumber daya aplikasi Anda, tentukan sumber alternatif dan mengaksesnya dalam aplikasi Anda.
Organize Resources in eclipse
Anda harus menempatkan setiap jenis sumber daya di sub direktori spesifik res / direktori proyek Anda. Sebagai contoh, inilah hirarki file untuk proyek sederhana:
MyProject/ src/ MyActivity.java res/ drawable/ icon.png layout/ activity_main.xml info.xml values/ strings.xml
Res / direktori berisi semua sumber daya dalam berbagai sub direktori. Di sini kita memiliki sumber daya gambar, tata letak dua sumber, dan file string sumber daya. Tabel berikut memberikan detail tentang direktori sumber daya didukung dalam res proyek / direktori.
Organize resource in Android Studio
MyProject/ src/ main/ java/ MyActivity.java res/ drawable/ icon.png layout/ activity_main.xml info.xml values/ strings.xml
Directory | Resource Type |
---|---|
anim/ | File XML yang mendefinisikan animasi properti. Mereka disimpan di res / anim / folder dan diakses dari kelas R.anim. |
color/ | File XML yang mendefinisikan daftar negara warna. Mereka disimpan dalam warna merah / warna / dan diakses dari kelas R.color. |
drawable/ | Gambar file seperti .png, .jpg, .gif atau XML file yang dikompilasi ke dalam bitmap, daftar negara, bentuk, ditarik animasi. Mereka disimpan di res / ditarik / dan diakses dari kelas R.drawable. |
layout/ | File XML yang mendefinisikan tata letak antarmuka pengguna. Mereka disimpan di res / layout / dan diakses dari kelas R.layout. |
menu/ | File XML yang mendefinisikan menu aplikasi, seperti menu Options, Context Menu, atau Sub Menu. Mereka disimpan di res / menu / dan diakses dari kelas R.menu. |
raw/ | File ini untuk menyimpan dalam bentuk mentah. Anda perlu callResources.openRawResource () dengan ID sumber daya, yang isR.raw.filename untuk membuka file mentah tersebut. |
values/ | File XML yang berisi nilai-nilai sederhana, seperti string, integer, dan warna. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa konvensi nama file untuk sumber daya yang Anda dapat membuat dalam direktori ini
|
xml/ | File XML yang dapat dibaca pada runtime oleh callingResources.getXML (). Anda dapat menyimpan berbagai file konfigurasi di sini yang akan digunakan pada waktu berjalan. |
Alternative Resources
Aplikasi Anda harus menyediakan sumber daya alternatif untuk mendukung konfigurasi perangkat tertentu. Misalnya, Anda harus menyertakan sumber ditarik alternatif (ieimages) untuk resolusi layar yang berbeda dan sumber daya alternatif string bahasa yang berbeda. Pada runtime, Android mendeteksi konfigurasi perangkat saat ini dan beban sumber daya yang tepat untuk aplikasi Anda.
Untuk menentukan alternatif spesifik-konfigurasi untuk satu set sumber daya, ikuti langkah-langkah berikut -
- Membuat direktori baru di res / bernama dalam bentuk <resources_name> - <config_qualifier>. Berikut resources_namewill menjadi salah satu sumber yang disebutkan dalam tabel di atas, seperti tata letak, ditarik dll kualifikasi akan menentukan konfigurasi individu yang sumber daya tersebut akan digunakan. Anda dapat memeriksa dokumentasi resmi untuk daftar lengkap kualifikasi untuk berbagai jenis sumber daya.
- Menghemat sumber daya masing-masing alternatif dalam direktori baru ini. File sumber daya harus dinamai persis sama dengan file sumber daya standar seperti yang ditunjukkan di bawah ini misalnya, tetapi file-file ini akan memiliki konten khusus untuk alternatif. Misalnya meskipun gambar nama file yang akan sama tetapi untuk layar resolusi tinggi, resolusi akan tinggi.
Berikut adalah contoh yang menentukan gambar untuk layar default dan gambar alternatif untuk layar resolusi tinggi.
MyProject/ src/ main/ java/ MyActivity.java res/ drawable/ icon.png background.png drawable-hdpi/ icon.png background.png layout/ activity_main.xml info.xml values/ strings.xml
Di bawah ini adalah contoh lain yang menentukan tata letak untuk bahasa default dan tata letak alternatif untuk bahasa Arab.
MyProject/ src/ main/ java/ MyActivity.java res/ drawable/ icon.png background.png drawable-hdpi/ icon.png background.png layout/ activity_main.xml info.xml layout-ar/ main.xml values/ strings.xml
Accessing Resources
Selama pengembangan aplikasi Anda, Anda akan perlu untuk mengakses sumber daya didefinisikan baik dalam kode Anda, atau di file XML tata letak Anda. Bagian berikut menjelaskan cara mengakses sumber daya Anda di kedua skenario
Accessing Resources in Code
Ketika aplikasi Android Anda dikompilasi, kelas R akan dihasilkan, yang berisi ID sumber daya untuk semua sumber daya yang tersedia di res / direktori Anda. Anda dapat menggunakan kelas R untuk mengakses sumber daya yang menggunakan sub-direktori dan nama sumber daya atau sumber daya langsung ID.
Example
Untuk mengakses res / drawable / myimage.png dan menetapkan ImageView Anda akan menggunakan kode berikut:
ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview); imageView.setImageResource(R.drawable.myimage);
Berikut baris pertama penggunaan kode make dari R.id.myimageview untuk mendapatkan ImageView didefinisikan dengan id myimageview dalam file Layout. Baris kedua kode membuat menggunakan ofR.drawable.myimage untuk mendapatkan gambar dengan nama myimage tersedia di ditarik sub-direktori di bawah / res.
Example
Pertimbangkan contoh berikut mana res / values / strings.xml memiliki berikut definisi:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Hello, World!</string> </resources>
Sekarang Anda dapat mengatur teks pada objek TextView dengan ID msg menggunakan ID sumber daya sebagai berikut:
TextView msgTextView = (TextView) findViewById(R.id.msg); msgTextView.setText(R.string.hello);
Example
Mempertimbangkan tata letak res / layout / activity_main.xml dengan definisi berikut:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" android:orientation="vertical" > <TextView android:id="@+id/text" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="Hello, I am a TextView" /> <Button android:id="@+id/button" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="Hello, I am a Button" /> </LinearLayout>
Kode aplikasi ini akan memuat tata letak ini untuk suatu kegiatan, dalam OnCreate () metode sebagai berikut -
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main_activity); }
Accessing Resources in XML
Mempertimbangkan sumber daya berikut XML res / nilai berkas / strings.xml yang mencakup sumber daya warna dan sumber daya string -
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <color name="opaque_red">#f00</color> <string name="hello">Hello!</string> </resources>
Sekarang Anda dapat menggunakan sumber daya ini dalam tata letak file berikut untuk mengatur warna teks dan teks string sebagai berikut:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <EditText xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" android:textColor="@color/opaque_red" android:text="@string/hello" />
Sekarang jika Anda akan pergi melalui bab sebelumnya sekali lagi di mana saya memiliki explainedHello world! Misalnya, dan saya yakin Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik pada semua konsep yang dijelaskan dalam bab ini. Jadi saya sangat merekomendasikan untuk memeriksa bab sebelumnya misalnya bekerja dan memeriksa bagaimana saya telah menggunakan berbagai sumber daya pada tingkat yang sangat dasar.
Next Page >>> Android - Activities
Sumber: tutorialspoint.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar