Komponen aplikasi adalah blok bangunan penting dari sebuah aplikasi Android. Komponen ini longgar ditambah dengan aplikasi nyata AndroidManifest.xml file yang menggambarkan setiap komponen dari aplikasi dan bagaimana mereka berinteraksi.
Ada berikut empat komponen utama yang dapat digunakan dalam aplikasi Android:
Components | Description |
---|---|
Activities | Mereka mendikte UI dan menangani interaksi pengguna ke layar ponsel pintar |
Services | Mereka menangani pemrosesan latar belakang terkait dengan aplikasi. |
Broadcast Receivers | Mereka menangani komunikasi antara OS Android dan aplikasi. |
Content Providers | Mereka menangani data dan isu-isu manajemen database. |
Activities
Sebuah kegiatan mewakili satu layar dengan user interface, Aktivitas melakukan tindakan pada layar. Sebagai contoh, sebuah aplikasi email mungkin memiliki satu kegiatan yang menunjukkan daftar email baru, kegiatan lain untuk menulis email, dan aktivitas lain untuk membaca email. Jika aplikasi memiliki lebih dari satu kegiatan, maka salah satu dari mereka harus ditandai sebagai kegiatan yang disajikan saat aplikasi diluncurkan.
Sebuah kegiatan diimplementasikan sebagai subclass dari kelas Activity sebagai berikut :
public class MainActivity extends Activity { }
Services
Layanan adalah komponen yang berjalan di latar belakang untuk melakukan operasi berjalan lama. Sebagai contoh, sebuah layanan mungkin memainkan musik di latar belakang saat pengguna berada dalam aplikasi yang berbeda, atau mungkin mengambil data melalui jaringan tanpa menghalangi interaksi pengguna dengan aktivitas.
Sebuah layanan diimplementasikan sebagai subclass dari kelas layanan sebagai berikut :
public class MyService extends Service { }
Broadcast Receivers
Broadcast Penerima hanya menanggapi menyiarkan pesan dari aplikasi lain atau dari sistem. Sebagai contoh, aplikasi juga dapat melakukan siaran untuk membiarkan aplikasi lain tahu bahwa beberapa data telah diunduh ke perangkat dan tersedia bagi mereka untuk menggunakan, jadi ini disiarkan penerima yang akan mencegat komunikasi ini dan akan melakukan tindakan yang tepat.
Sebuah penerima siaran diimplementasikan sebagai subclass dari Broadcast Receiverclass dan setiap pesan adalah penyiar sebagai objek Intent.
public class MyReceiver extends BroadcastReceiver { public void onReceive(context,intent){} }
Content Providers
Sebuah Data persediaan komponen penyedia konten dari satu aplikasi ke orang lain atas permintaan. Permintaan tersebut ditangani oleh metode dari Content Resolver class. Data dapat disimpan dalam sistem file, database atau di tempat lain sama sekali.
Sebuah penyedia konten diimplementasikan sebagai subclass dari kelas Content Provider dan harus menerapkan satu set standar API yang memungkinkan aplikasi lain untuk melakukan transaksi.
public class MyContentProvider extends ContentProvider { public void onCreate(){} }
Kami akan melalui tag ini secara rinci ketika meliput komponen aplikasi di masing-masing bab.
Additional Components
Ada komponen tambahan yang akan digunakan dalam pembangunan entitas yang disebutkan di atas, logika mereka, dan kabel antara mereka. Komponen ini :
Components | Description |
---|---|
Fragments | Merupakan bagian dari antarmuka pengguna dalam Kegiatan. |
Views | Elemen UI yang digambar di layar termasuk tombol, diskon bentuk dll |
Layouts | Lihat hirarki yang mengontrol format layar dan penampilan dari pandangan. |
Intents | Pesan kabel komponen bersama-sama. |
Resources | Unsur eksternal, seperti string, konstanta dan gambar ditarik. |
Manifest | File konfigurasi aplikasi. |
Sumber: tutorialspoint.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar