Home

VB.Net - Environment Setup


Dalam bab ini, kita akan membahas alat (tools) yang tersedia untuk membuat aplikasi VB.Net.

Kami telah menyebutkan bahwa VB.Net merupakan bagian dari Net framework dan digunakan untuk menulis aplikasi Net. Oleh karena itu sebelum membahas alat yang tersedia untuk menjalankan program VB.Net, mari kita memahami bagaimana VB.Net berkaitan dengan Net framework.

The Net Framework
Net framework adalah platform revolusioner yang membantu Anda untuk menulis jenis berikut aplikasi:

  1. Aplikasi Windows
  2. Aplikasi web
  3. Layanan web


Net aplikasi framework adalah aplikasi multi-platform. Kerangka kerja ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dari salah satu bahasa berikut: Visual Basic, C #, C ++, JScript, dan COBOL, dll

Semua bahasa ini dapat mengakses kerangka serta berkomunikasi satu sama lain.

Net framework terdiri dari sebuah perpustakaan besar kode yang digunakan oleh bahasa client seperti VB.Net. Bahasa ini menggunakan metodologi berorientasi objek.

Berikut ini adalah beberapa komponen dari kerangka Net:


  1. Common Language Runtime (CLR)
  2. The .Net Framework Class Library
  3. Common Language Specification
  4. Common Type System
  5. Metadata and Assemblies
  6. Windows Forms
  7. ASP.Net and ASP.Net AJAX
  8. ADO.Net
  9. Windows Workflow Foundation (WF)
  10. Windows Presentation Foundation
  11. Windows Communication Foundation (WCF)
  12. LINQ

Untuk pekerjaan masing-masing komponen melakukan, silakan lihat ASP.Net - Pendahuluan, dan untuk rincian masing-masing komponen, silakan berkonsultasi dokumentasi Microsoft.

Integrated Development Environment (IDE) Untuk VB.Net
Microsoft menyediakan alat pengembangan berikut untuk pemrograman VB.Net:

  1. Visual Studio 2010 (VS)
  2. Visual Basic 2010 Express (VBE)
  3. Visual Web Developer


Dua terakhir bebas. Menggunakan alat ini, Anda dapat menulis semua jenis program VB.Net dari aplikasi baris perintah sederhana untuk aplikasi yang lebih kompleks. Visual Basic Express dan Visual Web Developer Express edisi yang terpangkas versi Visual Studio dan memiliki tampilan yang sama dan merasa. Mereka mempertahankan sebagian fitur dari Visual Studio. Dalam tutorial ini, kita telah menggunakan Visual Basic 2010 Express dan Visual Web Developer (untuk bab pemrograman web).

Anda dapat men-download dari sini. Ia mendapat otomatis terinstal di komputer anda. Harap dicatat bahwa Anda memerlukan koneksi internet aktif untuk menginstal edisi mengungkapkan.

Menulis Program VB.Net di Linux atau Mac OS
Meskipun the.NET Kerangka berjalan pada sistem operasi Windows, ada beberapa versi alternatif yang bekerja pada sistem operasi lain. Mono adalah versi open-source dari .NET Framework yang mencakup Basic compiler Visual dan berjalan pada beberapa sistem operasi, termasuk berbagai rasa dari Linux dan Mac OS. Versi terbaru adalah VB 2012.

Tujuannya menyatakan Mono tidak hanya untuk dapat menjalankan aplikasi Microsoft .NET cross-platform, tetapi juga untuk membawa alat-alat pengembangan yang lebih baik untuk pengembang Linux. Mono dapat dijalankan di banyak sistem operasi termasuk Android, BSD, iOS, Linux, OS X, Windows, Solaris dan UNIX.

Next Page >>> VB.Net - Program Structure

Sumber: tutorialspoint.com

Unknown

Tempat Tutorial coding dan contoh-contoh aplikasi baik itu php,mysql,android,java, dan html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar