Ada banyak jenis social media advertising yang
bisa kamu gunakan untuk menaikkan penjualan atau sekadar brand awareness. Secara simpel, social
media advertising adalah iklan yang ditayangkan secara online dan letaknya hanya ada di platform social media. Jadi, iklan
ini akan muncul pada saat pengguna tengah menggunakan aplikasi social media dan
sesuai dengan target audiens yang ditentukan.
Social
media advertising sendiri ada banyak platformnya. Bisa
melalui Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads, Pinterest Ads, LinkedIn Ads,
Snapchat Ads, iklan Youtube, dan lain-lain. Namun, apapun platformnya,
jenis-jenis social media advertising
biasanya sama. Lalu, apa saja jenis social media advertising?
1.
Photo Ads
Social
media advertising yang satu ini menggunakan foto untuk
menarik perhatian audiens. Satu postingan
foto dibuat semenarik mungkin hingga bisa mendapatkan perhatian audiens.
Kamu juga bisa menambahkan action button,
sedikit deskripsi, dan headline yang
menarik.
2.
Video Ads
Video juga menjadi salah satu content marketing menarik yang bisa
mendatangkan banyak traffic. Meskipun
budget-nya yang tidak sedikit, tapi video ads punya impact yang besar. Kamu harus memastikan video yang dibuat akan
memberikan informasi dan edukasi yang berguna serta storyline yang tidak membosankan supaya mau ditonton audiens.
3.
GIF
Saat ini GIF juga menjadi salah satu cara
yang tren untuk mendatangkan audiens. Dengan GIF yang menarik dan lucu, kamu
bisa mengiklankan produkmu dan mendapat banyak engagement.
4.
Carousel
Fitur carousel ini memudahkan kamu untuk
mengiklankan banyak produk dalam satu postingan.
Fitur ini bisa diaplikasikan ke sosial media seperti Facebook dan baru-baru ini
Instagram. Kamu bisa upload hingga 10
foto dalam satu postingan sehingga
audiens cukup menggesernya saja.
5.
Konten Blog
Artikel yang ada di blog kamu juga bisa
dijadikan konten untuk di-posting di
sosial media, loh. Buat konten blog
berupa soft-selling dan curated yang menarik hingga bisa dijadikan
iklan dan banyak diklik audiens. Konten blog ini bisa bertujuan untuk
meningkatkan traffic, konversi, atau
sekadar brand awareness.
6.
Paid Promote
Pasti kamu sering mendengar yang namanya paid promote, bukan? Paid promote ini merupakan salah satu proses
promosi yang dilakukan oleh akun yang ramai di-follow dengan harapan kamu bisa dapat banyak pembeli atau tambahan followers dari situ.
7.
Endorsement
Satu lagi jenis social media advertising yang bisa kamu lakukan adalah endorsement. Endorsement ini merupakan
salah satu proses di mana kamu memilih satu tokoh bisa berupa aktris, blogger,
atau buzzer untuk mempromosikan produkmu di social
media mereka. Tidak hanya membayar, kamu juga harus memberikan beberapa produk
gratis untuk nanti mereka gunakan dan posting.
8.
Belajar Digital Marketing
Social media advertising adalah salah satu cara yang biasa
digunakan dalam dunia digital marketing. Cara ini bisa dibilang cukup ampuh
untuk memasarkan produk, terlebih lagi saat ini tren sosial media sedang mengalami
peningkatan yang cukup pesat. Sebenarnya, masih banyak cara lain yang bisa kamu
lakukan untuk meningkatkan pemasaranmu, yaitu dengan mempelajari digital
marketing. IDS | International Design School menawarkan bentuk
kelas ‘Digital Marketing’ yang akan membantu kamu memahami cara-cara untuk meningkatkan peluang
bisnismu. Tertarik? Anda bisa mengakses situs
Instagram, facebook, dan web kita di www.idseducation.com kapan
pun dan di mana pun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar