Apa itu Iklan Online?
Iklan Online adalah Iklan yang dipromosikan melalui jaringan
Internet, sedankan toko online adalah arana tempat berbelanja jual beli
yang didalamnya berisi iklan yang menawarkan produk dan jasa. Situs
website salah satu tempat yang dijadikan sebagai toko online.
Berikut ini ada 12 jenis iklan online:
- Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan
menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi
lainnya.
Analisa:
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk
pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya
blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi,
artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup
populer atau sering banyak dilihat pengunjung.
Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan iklan gambar / banner.
Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan
memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah
ditetapkan si pemilik media (blog).
Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya
dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan
pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual
kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola dan jika kita
memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang
trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar
iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.
Kekurangannya
Sedangkan kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di
tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil
dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak
dilirik, untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan
biaya cukup besar juga.
Contoh Direct Advertising:
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords
Analisa
Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia
layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari
yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord.
Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun
video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita
mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul
iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik
tadi.
Kelebihan
Dalam memasaang iklan kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai
keinginan baik isi kontennya maupun posisi tataletak, semua diatur oleh
si pemasang iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang
mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus
bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.
Kekurangan
Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus sesuai program
situs penyedia iklan tersebut karena untuk menggunakan fasilitas iklan
kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan
kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian
konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif karena tidak mentargetkan pada
konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat
sebagai kata kunci pada mesin pencari google karena secara umum akan
muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang
sama.
Contoh Self-service Advertising
3. Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi
antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti
ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target
audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat
iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal
Fusion.
Kelebihan
kelebihan memasang iklan yang berasal dari ad network atau jaringan
iklan online adalah Anda bisa fokus menulis artikel yang berkualitas
tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan di blog
Anda. Kalau traffic blog Anda masih rendah tentu saja tidak ada orang
yang mau memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di jaringan
iklan, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun
tentu saja, Anda tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar
pendapatan iklan Anda semakin tinggi.
Kekurangan
Memasang iklan dari ad network atau jaringan iklan tentu juga
memiliki kekurangan, yaitu jaringan iklan memiliki peraturan dalam
pemasangan iklan yang harus Anda ikuti. Hal ini tentu saja mengurangi
kebebasan Anda dalam memasang iklan. Anda juga tidak bisa menentukan
iklan-iklan apa saja yang mau Anda tampilkan di blog atau website Anda.
Contoh Ad Networks
- Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara
random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan
content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan
Yahoo Publisher Network.
Analisis
Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar
tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil promosi
anda lebih terarah sesuai target yang dikehendaki.
Maksudnya iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang tertarik
saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish yang strategis
seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran
yaitu apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.
Kelebihan
kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi iklan sudah otomatis
dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan, sehingga
pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan lebih banyak
melihat iklan tersebut. Pembayaran iklan murah karena diambil hitungan
per klik dai para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik
harganya Rp.500 Jika kita hanya
mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita
sudah dapat 200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan
efisien.
Kekurangan
Karena dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen
tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan tidak
ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara
otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.
Contoh Contextual Advertising
- Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan
berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang
membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie
dan Twittad
Analisa
Jenis Iklan ini yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan,
yaitu iklan berbasis keyword yang pendek seperti sebuah link untuk di
klik dan dikunjungi pada situs yang disarankan, dan juga seperti
rangkaian kalimat promosi hanya bagian penting saja seperti nama produk,
sample produk dalam bentuk gambar, harga, alamat toko dan nomor kontak
yang bisa dihubungi langsung kepada pemilik iklan tersebut.
Kelebihan
kelebihan dari iklan ini memungkinkan produk/jasa yang dipromosikan
atau diiklankan akan banyak dikunjungi oleh konsumen yang akan
bergabung, melihat banyaknya pengguna twitter sehingga sangat meyakinkan
akan banyak pengguna dan lebih banyak mendapatkan calon konsumen.
Kekurangan
kekuranganya iklan ini banyak orang yang tidak tahu karena iklan yang
muncul bentuknya kecil sehingga sedikit orang yang tahu. Dalam hitungan
menit tweets iklan kita akan bergeser kebawah hingga tidak akan
terlihat karena banyak tweets baru yang muncul. Kekurangan jenis iklan
ini juga dibatasi oleh karakter dan huruf dalam penulisannya karena
twitter membatasi 140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat pendek yang
unik dan yang dianggap paling penting saja.
Contoh Twitter Advertising
- In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata
tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh:
Kontera dan Vibrant in-Text Ad
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata
tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Kelebihan:
Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna.
Kekurangan:
sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan
Contoh In-Text Adv
- Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar
terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua
pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik
visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild
Kelebihan:
Persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari
iklan baik. Dan mendapat efek positif terhadap persaingan iklan.
Kekurangan:
Perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini, dan tidak
semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.
Contoh Ad Network Optimization
- Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan
memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan
brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media
dan Tribal Fusion
Kelebihan:
kelebihan iklan ini dapat Memudahkan perusahan dalam mempromosikan
produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak
agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.
Kekurangan:
Besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
Contoh Rep Ad Agencies
- Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format
iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer
group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari
teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo
Analisa
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format
iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer
group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari
teman ke teman.
Kelebihan
promosi lebih banyak melalui bentuk iklan ini karena digunakan di
media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga
memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.
Kekurangan
Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog lain agar memudahkan proses promosi.
Contoh Social Adv
- Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format
tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah,
ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan
AdSense for Video.
Kelebihan:
Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh
pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan
gerakan-gerakan.
Kekurangan:
kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.
Contoh Video adv
- RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan
konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada
kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
Kelebihan:
Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan:
tidak banyak dilihat oleh semua pengguna internet.
Contoh RSS adv
- Sponsorship
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan
sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah
strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif
daripada pemasangan iklan online berbentuk banner
Analisa
Adanya jenis iklan sponsor ini bisa dilihat peluang dari pengelola
situs web atau blog yang mempunyai trafik rank tinggi sehingga sangat
diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin mempromosikan iklan
produknya di situs tersebut karena melihat banyak pengungjung yang
dating ke situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut sponsor yang
mendonasikan uangnya kepada orang yang mempunyai situs website tadi.
Kelebihan
kelebiahannya sasaran pasarnya lebih banyak dan Lebih efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi dari waktu.
Kekurangan
biayanya lebih cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.
Conntoh Sponsorship
Tidak ada komentar:
Posting Komentar